Halaman

Rabu, 16 Februari 2011

PROFIL: Nagari Tanjung Bonai


Tanjuang Bonai merupakan salah satu nagari yang termasuk ke dalam wilayah kecamatan Lintau Buo Utara, Kabupaten Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Nagari ini terletak di dekat Batusangkar, ibu kota dari kabupaten Tanah Datar.

Nagari tanjung bonai memiliki wilayah seluas 87,04 km2 , dengan ketinggian 515-710 meter dari atas permukaan laut, dahulunya terdiri dari 26 jorong,
Adapun batas nagari adalah:
(1) sebelah barat : batu bulek
(2) sebelah timur : lubuak jantan/ sumpur kudus
(3) sebelah selatan : balai tanggah/ lubuak jantan
(4) sebelah utara : halaban kab. Lima puluh kota

Adapun Jorong yang ada dinagari Tanjung Bonai Ini diantaranya:
Batu Papuru · Bukik · Bumbun Aia · Cubadak Randah · Duwek · Guguak Sikabu · Gunuang Ledang · Kayumarantiang · Korong Nan Ampek · Koto · Kotoniu · Lakuak · Padang Laweh · Pamasihan · Parik Sungayang · Piubuh · Ranah Kodok · Sembayan · Situga · Tabek Akiang · Tanah Badabuih · Tanjuang Bonai · Tanjuang Kaciak · Tanjuang Lansek · Tanjuang Modang · Tanjuang Tangah

Asal Usul Nama Nagari

Nagari tanjuang bonai berasal dari nama ( tanguang bona) artinya posisi nagari tanjuang bonai berada di pertengahan antara Batusangkar dan Payakumbuh, jadi tanggung ke Payakumbuh dan tanggung ke Batusangkar. Sedangkan pendapat kedua mengatakan bahwa nagari tanjuang bonai terdiri dari banyak tanjuang, seperti tanjuang bone, tanjuang nan ditangah, tanjuang kaciak ( kecil), tanjuang modang (besar).

Suku Dan pola Adat

Nagari tanjuang bonai memakai pola adat ”bodi caniago”, terdapat empat suku, yaitu:
(1) suku paya badar
(2) suku mandahiliang
(3) suku caniago
(4) suku piliang

Keadaan Alam Tanjuang Bonai

* Hutan dinagari Tanjuang Bonai terdapat seluas 3055 Ha dalam bentuk lindung yang termasuk ulayat nagari.
* Tanah dinagari Tanjuang Bonai ada seluas 8.704 Ha, berbentuk pekarangan/ banguna seluas 370 Ha dan lain-lain seluas 150 Ha.
* Sungai dinagari Tanjuang Bonai terdapat 3 aliran, yaitu: batang sinamar sepanjang 15 km, berbatasan dengan Nagari Halaban sampai Tepi Selo dan Batang Sinamar yang berbatasan dengan Lubuak Jantan dan Halaban dan kedua Batang Mangus sepanjang 25 km, berbatasan dari Gunung Sago sampai Lubuak Jantan. Sungai tersebut dimanfaatkan oleh anak nagari untuk mengairi sawah, disamping itu juga terdapat galian C (batu, pasir, krekel).
* Kolam dinagari tanjuang bonai terdapat seluas 29,7 Ha dimiliki secara pribadi dalam persukuan.
* Tambak dinagari Tanjuang Bonai tidak ada.
* Tambang dinagari Tanjuang Bonai terdapat 1 lokasi, berada diatas tanah ulayat nagari (ICCI).
* Danau dinagari Tanjuang Bonai tidak ada.
* Laut dinagari Tanjuang Bonai tidak ada.
* Gunung dinagari Tanjuang Bonai ada 2 nama yaitu: Gunung Sago dan Gunung Malintang, keduanya tidak aktif berbatasan dengan Payakumbuh kabupaten 50 Kota.
* Bukit dinagari Tanjuang Bonai tidak ada.
* Sawah dinagari Tanjuang Bonai terdapat seluas 815 Ha, milik persukuan, terdiri dari tadah hujan dan pengairan tali bandar.
* Kebun dinagari Tanjuang Bonai tidak ada.
* Ladang dinagari Tanjuang Bonai terdapat seluas 439 Ha, ladang tersebut dimanfaatkan oleh anak nagari untuk tanaman palwija.
* Peternakan dinagari Tanjuang Bonai terdapat dalam bentuk peternak sapi sekitar 621 ekor, kerbau sebanyak 740 ekor dan ternak ayam/ itik rata-rata ada dimasing-masing rumah tangga.
* Ngalau/ goa dinagari Tanjuang Bonai terdapat 3 lokasi, yaitu: pintu ngalau, ngalau siambek dan ngalau pamsihan. Masing-masing berada diatas tanah ulayat nagari tanjuang bonai dan khusus dingalau pamsihan terdapat sarangburung walet.
* Jalan dinagari tanjuang bonai terdapat sepanjang 87 km, terdiri dari jalan provinsi sepanjang 12 km, jalan kabupaten 35 km dan jalan nagari/ jorong 40 km.
* Tempat rekreasi dinagari tanjuang bonai teerdapat 3 lokasi, yaitu: gunung ledang dalam bentuk panorama dijorong tanjuang bonai barat, air terjun sapta marga dijorong tanjuang bonai utara dan arung jeram dijorong pamasean,. Tempat tersebut dikelola oleh nagari.
* Gelangang/ lapangan olah raga dinagari tanjuang bonai terdapat dalam bentik lapangan bola kaki 4 loaksi dan lapangan volly 6 lokasi/ tiap-tiap jorong. Lapangan tersebut dimanfaatkan anak nagari sebagai sarana olah raga, upacara nasioanl dan shalat hari raya.
* Situs kebudayaan dinagari tanjuang bonai terdapat 3 yaitu: dalam bentuk kuburan keramat 2 buah, lokasi di gunung ledang dan pamasean, kedua batu tagak 1 buah di jorong tanjuang bonai.
* Prasasti dinagari tanjung bonai terdapat satu jenis dalam bentuk tugu segi panjang dengan tinggi 2 meter, berada dijorong tanjuang bonai timur.
* Medan nan bapaneh dinagari tanjuang bonai terdapat 1 lokasi di gunung ledang dalam bentuk lapangan dan sekarang tidak ada lagi karena dimanfaatkan untuk objek wisata dan pemnacar.
* Kerajinan dinagari tanjuang bonai terdapat 5 usaha dalam bentuk kerajinan ketiding, tenun songket, rotan dan bambu, kerajinan pandai besi dan juga terdapat ukiran rumah adat khusus dijorong tanjuang bonai barat.
* Pasar dinagari tanjung bonai terdapat 1 unit yaitu: :pasar ranah batu” yang belokasi dijorong tanjuang bonai utara, merupakan pasar jenis/ tipe A. Sedangkan masukan untuk nagari sekitar 15.000/ minggu dan habis untuk opersaional pasar.
* Masjid dinagari tanjung bonai ada 13 unit, yaitu: dijorong tanjuangbonai utara 4 unit, tanjuang bonai timur 2 unit, tanjuang bonai barat 4 unit, tanjuang bonai 1 unit, pamasean 1 unit dan dijorong tanjuang lansek 1 unit.
* Mushala/ surau dinagari tanjuang bonai terdapat 33 unit.
* Lembaga keuangan dinagari tanjuang bonai terdapat sebanyak 1 unit dalam bentuk KUD (serba usaha) yang dikelola KUD.
* Balai adat dinagari tanjuang bonai terdapat 1 unit. Dengan bangunan permanen berlantai dua, dimana lanati 1 dimanfaatkan untuk kantor wali nagari, kantor KAN.
* Rumah gadang dinagari tanjuang bonai terdapat 20 unit, milik persukuan.
* Rumah penduduk dinagari tanjuang bonai terdapat 2.406 rumah tangga terdiri dari bangunan rumah permanen 65% dan semi permanen 20% dan bangunan sederhana 15%.
* Pandam perkuburan dinagari tanjuang bonai terdapat milik masing-masing persukuan/ kaum.
(Berbagai Sumber)

1 komentar:

  1. http://aldoris.wordpress.com/2011/02/24/investor-korea-survey-potensi-hidro-power/

    BalasHapus

Opini, berita lintau, info rantau